Images

Prasangka


seringnya kita menilai orang lain berdasarkan satu sisi, yaitu hanya berdasarkan sudut pandang kita. tidak pernah kita mencoba untuk mencoba melihat bagaimana orang lain dari sisi sebaliknya. Maka tepat kiranya sebuah pepatah 'tak kenal maka tak sayang'. jangan lah kita menilai buruk seseorang dengan cepat, karena proses untuk menilai seseorang sebenar - benarnya adalah dengan bertemu, berkenalan hingga benar - benar mengenal dan tahu perilakunya. Tapi sayang, kita sebagai manusia kadang terlalu sibuk dengan pikiran kita yang sudah terlanjur menilai orang lain, sehingga semua kebaikan - kebaikan yang ada tidak lagi terpikirkan. Seringnya sayapun begitu. Saya juga sering khilaf. Tapi semoga kita selalu dihindarkan dari berprasangka buruk terhadap orang lain, dan selalu ber husnudzhan kepada orang lain. 

karena seringnya kita sibuk mencari - cari sekecil - kecil aib orang lain, tapi aib diri sendiri yang sangat banyak tidak disadari. Naudzubillahimindzalik...
coba saya dan teman - teman renungkan berapa banyak orang yang kita nilai buruk padahal mungkin orang tersebut sungguh menyayangi kita,menghormati kita. Karena sungguh, manusia bukan malaikat. manusia memang tempat khilaf, dan saya yakin semua orang tidak pernah dengan sengaja ingin menyakiti hati orang lain, tidak pernah ingin sengaja berbuat kesalahan. Sungguh, mari saling memaafkan dan hilangkan semua pikiran negatif kita terhadap semuanya, apalagi sesama muslim yang notabene adalah SAUDARA :')
Melalui tulisan ini saya memohon maaf kepada saudara - saudaraku yang pernah tersakiti hatinya. Semoga kita diberikan kesempatan oleh Allah untuk bertemu, berkenalan hingga saling mengenal sehingga tak banyak prasangka buruk yang selalu kita fikirkan terhadap orang lain baik yang kita kenal maupun tidak kita kenal. 




“Tidak selalu yang kita pikirkan itu benar. Tidak selalu yang kita sangkakan itu kebenaran. Kalau kita tidak mengerti alasan sebenarnya bukan berarti semua jadi buruk dan salah menurut versi kita sendiri.”


--Tere Liye, novel Eliana



Semoga menginspirasi. :)

0 comments:

Hamster

Photobox with Lia

Photobox with Lia